Mengenal Batik Khas Sleman

 

batik khas sleman

Motif Batik Khas Sleman - Tradisi membatik sangat kental sekali di tanah Jawa. Bahkan setiap daerah memiliki ragam motif yang beragam dengan ciri khas alam maupun budaya yang ada di wilayah tersebut. Nah kali ini Motifbatik.web.id akan mengulas mengenai motif batik khas Sleman yang terinspirasi dari keberagaman flora (tumbuhan), fauna (hewan) dan kondisi alam atau geografis di Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Awalnya Kabupaten Sleman tidak memiliki ciri khas tersendiri, motif batik yang diproduksi biasanya motif batik Jogja yang bergaya  kerajaan Mataram. Munculnya motif-motif batik khas Sleman ini diperkasai oleh Pemerintah Daerah Sleman melalui Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan Lomba Desain Batik Khas Sleman pada tahun 2013. Hasil dari perlombaan desain batik tersebut menelurkan 8 motif batik yang kini dikenal sebagai “Batik Khas Sleman”.

8 Motif Batik Khas Sleman

Berikut ini 8 motif batik khas Kabupaten Sleman yang sudah terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada Kementerian Hukum dan HAM.

Motif Batik Sinom Parijotho

Motif Batik Sinom Parijotho


Moif batik ini menggambarkan tanaman Parijotho yang merupakan tanaman langka asli lereng gunung Merapi. Motif Batik Sinom Parijotho karya dari merupakan pemenang dari lomba Desain Batik Khas Sleman pada tahun 2013

Motif Batik Salak Pondoh

Sesuai Namanya motif batik ini terinspirasi dari buah salak pondoh yang merupakan buah khas Sleman. Motif batik salak pondoh ini menggambarkan kesuburan alam, kesejahteraan dan keadilan yang merata dalam masyarakat Sleman

Motif Batik Belut dan Salak

Motif Batik Belut dan Salak


Keripik belut merupakan salah satu buah tangan khas sleman yang sangat populer. Hal ini yang menginspirasi terbetuknya Motif Batik Belut dan Salak.

Motif Batik Gajah Kombinasi Parang Rusak Baron

Motif Batik Gajah Kombinasi Parang Rusak Baron


Motif batik ini menggambarkan kombinasi antara motif batik parang rusak yang merupakan motif populer dari Yogyakarta dengan hewan Gajah yang terkenal kuat namun memiliki sifat lembut. Batik ini juga terdapat ornament Batu pasir dan tumbuhan.

Motif Batik Salak

Motif Batik Salak


Motif batik ini menggambarkan tentang pohon salak, baik itu buah, daun maupun bunga salak. Salak sendiri merupakan buah khas dari Sleman.

Motif Batik Salakan

Motif Batik Salakan


Motif batik salakan khas sleman ini memiliki desain motif buah salak dan daun salak yang menggambarkan kekayaan sumber daya alam dan salak merupakan satu sumber penghidupan masyarakat Sleman.

Motif Batik Sinom Parijotho Salak

Batik Sinom Parijotho Salak


Batik ini memiliki pola gambar Motif berupa elemen tangkai, daun, bunga parijotho, daun salak, dan bunga salak. Makna batik Sinom Parijotho Salak secara filosofis yaitu sebagai harapan kemakmuran dan kesejahteraan masyarkat Kabupaten Sleman

Motif Batik Salak Pondoh

Sesuai dengan Namanya, motif salak pondoh ini menggambarkan salak pondoh yang merupakan buah khas Sleman. Motif ini menggambarkan kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan yang adil dan merata dalam bermasyarakat.

Sentra Pengrajin Batik di Sleman

 Untuk mendukung industri batik di Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman meluncurkan peraturan khusus tentang Tata Kelola Batik untuk menjaga originaliitas kedelapan motif batik khas sleman tersebut.

Bagi para pecinta batik yang ingin mendapatkan batik khas sleman bisa langsung datang ke sentra pengrajin batik di Sleman. Berikut daftar wilayah sentra batik di Sleman

  1. Dusun Plalangan, Desa Pandowoharjo, Sleman
  2. Dusun Mantaran Desa Trimulyo, Sleman
  3. Desa Margokaton Seyegan
  4. Berbah Sleman
  5. Prambanan.

Seluruh sentra pengrajin batik yang tersebar di Sleman ini memiliki kualitas yang baik dan kini semakin berkembang menggunakan pewarna alami.

Posting Komentar

0 Komentar