Mengenal Batik Dobby, Karakter dan Jenisnya

 

kain batik dobby

Taukah Anda apa itu batik dobby? Batik dobby adalah jenis kain batik yang menggunaka kain dobby sebagai bahan kain yang digunakan. Batik ini memiliki ciri berupa kain bermotif (kain bertekstur) yang membuat motif batik lebih hidup.

Pada umumnya batik dobby dibuat dengan Teknik cap, hal ini karena permukaan bahan kain dobby tidak rata sehingga jika diproses dengan Teknik batik tulis proses canting akan lebih sulit.

Kain dobby sendiri memiiki beragam motif geometris, tetapi dalam bahan batik motif yang populer digunakan adalah dobby kristal dan dobby baron. Sedangkan materialnya cukup beragam mulai berbagain katun, viscose sampai berbahan sutra.

Perbedaan material kain dobby ini membuat karakteristik kain yang berbeda, batik dobby katun memiliki tekstur yang lembut, kain dobby viscose memiliki kilau pada motif seperti sutra. Sedangkan dobby sutra biasanya diproduksi dengan ATBM dan kain sangat berkilau dan ringan.

Penggunaan Batik Dobby

Kain batik yang dihasilkan dari kain dobby bisa digunakan untuk beragam jenis busana baik untuk Wanita maupun pria. Produk fashion yang bisa dijumpai antara lain kemeja batik dan baju atasan Wanita.

Harga Kain Batik Dobby

Soal harga kain batik dobby sendiri sangat beragam, hal yang mempengaruhi harga antara lain proses pembuatan batik, motif dan bahan baku dobby itu sendiri. Untuk dobby katun dan dobby katun viscose biasanya harganya hampir sama dengan batik katun cap. Khusus untuk batik dobby sutera asli harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan dobby lainnya.

Mengenal Apa Itu Kain Dobby


Kain dobby adalah jenis kain bermotif dari hasil penenunan. Proses kain dobby dihasilkan dari alat tenun dobby yang dapat mengatur posisi atau pola benang saat penenunan sehingga menghasilkan sebuah pola geometris.

Awalnya kain dobby ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1840 an dengan alat tenun tangan (ATBM),  untuk membuat motif dibutuhkan satu orang yang duduk diatas alat tenun yang bertugas untuk mengatur benang lusi agar tercipta motif geometris yang diinginkan.

Beberapa motif kain dobby yang terkenal antara lain, dobby salur, dobby kotak, dobby kristal, dobby baron dan Herringbone.

Jenis Bahan Batik Dobby 



1.    Kain Dobby Katun

Kain dobby berbahan 100% serat katun (cotton), handfeel lembut dan tidak mengkilat

2.    Kain Dobby katun viscose

Terbuat dari campuran katun dan viscose. Benang katun pada lusi sedangkan benang viscose pada benang pakan. Ciri kain ini memiliki efek kilau seperti sutra pada motif kain karena efek kain viscose yang menyerupai serat sutra.

3.    Kain Dobby Sutera Asli

Sesuai Namanya dobby ini terbuat dari benang sutra. Ciri kain ini sangat berkulau dan kain ringan. Biasanya kain ini dihasilkan dari alat tenun bukan mesin biasa diproduksi di pekalongan, klaten dll.

Nah itu sudah paham kain apa itu batik dobby? Bagi sahabat pengrajin yang membutuhkan kain mori dobby silahkan komen dibawah dan dapatkan penawaran spesial dari kami :)

Posting Komentar

0 Komentar