Asal Motif Batik Ceplok dan Maknanya

motif batik ceplok

MotifBatik.web.id - Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota penghasil beragam motif batik yang memukau. Salah satu motif batik dari Jogja adalah Batik Ceplok atau disebut juga sebagai batik ceplokan. Motif batik ini termasuk dalam jenis motif batik kuno, dimana batik ceplok ini sudah ada sejak era Kerajaan Mataram.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang batik ceplok mulai dari definisi, makna atau fiosofi sampai dengan jenis-jenis batik ceplok.

Mengenal Motif Batik Ceplok

Apa Itu Batik Ceplok

Batik ceplok atau ceplokan merupakan jenis batik yang memiliki pola atau motif dengan bentuk dasar geometri, seperti persegi, oval maupun bintang yang disusun melingkar sehingga menyerupai sekuntum bunga dengan pola simetris. Bentuk tersebut terinsirasi dari buah kawung atau buah aren yang dibelah empat.

Variasi dalam batik ceplok sangat kaya, bentuk utama geometris bisa diisi atau dalam istilah batik disebut isen-isen dengan motif batik lainya seperti kawung, parang klithik, truntum atau hiasan isen-isen lainnya seperti bunga dan gerdo atau garuda.

Makna Motif Batik Ceplok (Filosofi)

Motif batik ceplok ini menggambarkan suratan takdir dan keteraturan kehidupan, bawah dalam kehidupan di dunia sudah ada aturan dan garisnya. Sehingga dharapkan sipemakai batik ini dapat menjalani hidup secara teratur. Pada zaman dulu, batik ceplok digunakan oleh aparat pemerintahan. Dengan menggunakan motif batik ini diharapan para aparat pemerintahan akan bertugas dengan benar dan jujur.

Jenis Batik Ceplok

Batik Ceplok Kawung

Batik kawung merupakan salah satu jenis dari batik ceplok. Motif batik ini menggambarkan simbol kesempurnaan. Untuk lebih detail bisa baca pada artikel: sejarah motif batik kawung

Batik Ceplok Kesatrian



Secara sederhana batik ceplok kesatrian ini memiliki makna keikhlasan, kesabaran, dan keberanian dalam mengarungi garis kehidupan yang sudah ditetapkan Tuhan. Batik motif ini juga termasuk dalam batik special karena motif batik ini dulunya digunakan sebagai kain saat upacara kirat pernikahan, kain ini diguakan sebelum kedua mempelai duduk di pelaminan.

Batik Ceplok Sriwedari



Motif batik ceplok sriwedari ini memiliki makna yang menggambarkan kesejukan dan ketentraman batin baik untuk pemakai maupun keluarga.

Batik Truntum



Batik Truntum juga masuk dalam kategori batik ceplok. Kain batik ini memiiliki makna ketulusan cita kasih yang terus berkembang.

Nah itu dia ulasan engkap tentang batik ceplok yang merupakan salah satu jenis batik klasik dan menjadi cikal bakal terbentuknya banyak motif batik seperti kawung dan truntum. Pada dasarnya motif batik ini sudah banyak dikembangkan dan dikombinasi dengan pola motif lainya sehngga menghasilkan ragam corak motif yang indah.

Posting Komentar

0 Komentar