Senin, 22 Oktober 2018

MotifBatik.web.id – Yogyakarta memang dikenal memiliki sejarah batik yang panjang, kepopuleran motif batik dari Jogja pun sudah sangat akrab dikalangan pecinta batik. . Berikut adalah sebagian motif batik Yogyakarta yang terkenal.
·         Batik Kawung

·         Motif batik Parang

·         Batik Truntum

·         Batik Tambal


Berkembangnya batik menjadi sebuah gaya fashion di sejumlah kalangan, dari tua muda, sampai banyak profesi dan latar belakang ekonomi, mendorong gampangnya lahir motif batik modern. Salah satu yang kerap menjadi sorotan yakni motif batik dari kota Yogyakarta atau Jogjakarta. Batik Jogja atau Batik Yogya pada asalnya adalah batik yang mempunyai corak batik dengan dasar putih.
Seni batik sudah menjadi cara hidup di Yogyakarta. Oleh sebab itu, layaklah Yogyakarta dinamai sebagai kota batik. Berikut ini sejumlah fakta yang harus kita ketahui tentang batik Yogya.
Asal muasal batik Yogya berawal pada tahun 1755 waktu kerajaan Mataram terbagi dua berdasarkan Kesepakatan Giyanti. Anak Sang Raja atau Pangeran Mangkubumi memanggul banyak kain batik yang berasal dari Kasunanan Solo ke kerajaan barunya, yakni Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sejumlah kain itu adalah motif awal dari motif batik Jogja.
Batik Jogja tumbuh di dalam wilayah kerajaan. Sejumlah putri keraton didukung oleh sejumlah abdi dalem yang menciptakannya. Pengguna batik di wilayah kerajaan tambah banyak, sampai seiring pertumbuhan jaman, budaya membatik menjalar keluar dari wilayah kerajaan.
Ada sebanyak 400 macam batik Yogya. 350 jenis sudah dipatenkan. Motif yang banyak ini membuktikan bahwa batik di Jogja sangat menarik untuk menjadi cagar budaya.
Contoh motif batik Jogja yang klasik contohnya yakin motif parang, motif bunga, motif satwa, motif tumbuhan air, motif tumbuhan menjalar, motif geometri, motif banji.
Motif Batik Jogja bukan sembarang motif. sejumlah motif yang ditorehkan di atas kain banyak mengandung filosofi. Contohnya Sido Asih berati pengguna sering diselimuti kasih sayang di keluarganya. Truntum bermakna cinta yang berkembang. Semen Roma dan Ratu Ratih mengartikan rasa setia sesosok istri.


EmoticonEmoticon