Rabu, 02 Januari 2019



Motifbatik.web.id – Liburan ke Yogyakarta tentu tidak sah jika tidak mengunjungi Pasar Beringharjo untuk belanja batik. Pasar tradisional tertua di Jogja ini terkenal menjual berbagai macam batik dan kerajinan khas jogja yang selalu dipadati pelancong yang ingin mencari buah tangan khas jogja terlebih lokasi Pasar ini berada di kawasan Malioboro. Mulai dari batik yang murah (batik cap) sampai batik tulis bisa ditemui diPasar Beringharjo.

Sejarah Pasar Beringharjo


Seperti yang sudah kita tulis diatas, Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua di Jogja. Pasar ini dibangun pada tahun 1758 dan mulai dikembangkan dan ditata ulang pada tahun 1925. Penamaan kata Beringharjo sendiri diberikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada tanggal 24 Maret tahun 1925.
Nama Beringharjo memiliki arti wilayah yang semula hutan beringin (bering) yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan (harjo). Hal ini karena bangunan pasar dulunya merupakan sebuah hutan beringin, dalam budaya jawa beringin merupakan lambang kebesaran dan pengayoman bagi banyak orang.
Kini Pasar Beringharjo yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani no. 1 Yogyakarta memiliki luas 2,5 hektar dengan lapak (los) sebanyak 5441 dengan jumlah pedagang 6.000 pedagang

Belanja Batik di Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo dikenal sebagai surga belanja oleh-oleh dan batik jogja. Pasa sisi sebelah barat (pintu masuk dari jalan malioboro) terdapat puluhan kios yang menjajakan beranekaragam produk batik seperti, kemeja batik, batik sarimbit, kain batik, sprei batik dan beragam produk batik lainnya. Soal harga jangan khawatir anda bisa menjumpai batik dari harga belasan ribu sampai dengan batik tulis sutra yang dibandrol ratusan ribu.
Dengan pilihan yang beragam dan harga yang murah dan bisa ditawar menjadi keuntungan berburu batik dipasar ini. Dipasar ini banyak juga pengunjung yang membeli batik secara grosir untuk dijual kembali.
Jika perut sudah mulai kroncongan setelah berburu batik di Pasar Beringharjo, anda bisa berburu kuliner sekitaran area Pasar Beringharjo. Pada bagian pintu masuk barat beragam makanan tradisional bisa anda temukan disana.
Pasar Beringharjo merupakan pasar yang sangat komplit, tidak hanya batik saja, pasar ini juga menyajikan beragam souvenir pernikahan yang sudah dikenal memiliki harga yang miring dan biasa menjadi langganan took-toko souvenir pernikahan. Tidak hanya itu Anda juga bisa menenukan beragam jamu-jamuan. Seperti pasar tradisional pada umumnya pasar ini juga menjual kebutuhan sehari-hari.
Jika dulu pasar ini hanya buka sampai jam lima sore, kini pasar beringharjo buka sampai malam hari sehingga anda akan lebih leluasa berburu barang di pasar ini.


EmoticonEmoticon