Motif Batik Tujuh Rupa Pekalongan, Kolaborasi Budaya Lokal dan China

MotifBatik.web.id – Beragam motif batik tersebar di Indonesia, hampir setiap wilayah memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Nah di Kota Pekalongan Jawa Tengah memiliki motif batik tujuh rupa yang menjadi salah satu andalan karena memiliki warna dan motif yang memukau hasil perpaduan kebudayaan lokal dengan etnis Tiongkok (China). Hal ini karena Pekalongan yang berada di wilayah pesisir utara pulau Jawa dulunya menjadi tempat transit para pedagang dari berbagai negara salah satunya yang memberi pengaruh besar adalah China.

Pekalongan sendiri merupakan daerah penghasil batik terbesar dan dikenal juga sebagai Kampung Batik Indonesia. Dari beragam motif batik yang diproduksi disana, Motif batik Tujuh Rupa menjadi ciri khas yang menggambarkan kehidupan masyarakat pekalongan.

Mengenal Motif Batik Tujuh Rupa

Batik Tujuh Rupa sendiri merupakan batik dengan motif nuansa alam. Biasanya mengandung motif tumbuhan atau hewan. Motif ini mengadopsi pada motif tumbuhan yang ada pada keramik dari Tiongkok. Motif tumbuhan tersebut dipadukan dengan ragam binatang seperti kupu-kupu, naga, burung merah dan berbagai jenis burung lainnya. Ragam motif tersebut dipoles dengan warna warni yang cerah yang membuat batik tujuh rupa ini begitu memukau.

Filosofi Batik Tujuh Rupa

Setiap motif batik yang tercipta tentu memiiki makna yang terkandung dari motif tersebut. Begitu juga dengan batik tujuh rupa yang memiliki makna kefasihan dan kelembutan. Motif tersebut juga menggambarkan kehidupan orang pesisir jawa yang mudah beradaptasi dengan kebudayaan luar.

Akulturasi budaya pada motif batik tujuh rupa inilah yang membuat batik ini unik, menarik dan menjadi sebuah ciri khas tersendiri dari Pekalongan.

Beragam motif batik yang tercipta di berbagai wilayah menjadi sebuah simbol keanekaragaman dan kearifan kebudayaan Indonesia. Batik tidak hanya indah dilihat saja, namun memiliki arti yang dalam di setiap motifnya

Posting Komentar

0 Komentar