Inilah Kelebihan & Kekurangan Batik Sutra Asli

batik tulis sutera (pic by Batik Uniq)
Ragam bahan kain untuk pembuatan batik memang sangat beragam, mulai dari kain katun, rayon, sampai kain sutra. Di jajaran kelas batik premium, batik sutra asli menjadi primadona yang mutlak karena kain ini benar-benar menawarkan kemewahan dan kelebihan yang tidak dimiliki bahan kain batik lainnya.

Kain sutra sendiri merupakan jenis kain serat alam yang dihasilkan dari serat kepompong ulat sutera (Bombyx mori). Kain ini menawarkan kemewahan, kelembutan dan kenyaman bagi pemakainya.

Apa Itu Batik Sutra Asli?

Batik sutera/sutra adalah jenis kain batik yang dibuat dengan Teknik batik tulis maupun batik cap dengan material kain serat sutra. Jenis kain sutra yang digunakan untuk batik juga sangat beragam, mulai dari kain sutra import, kain sutra ATBM sampai sutra motif baik ATBM maupun jacquard.

Semua jenis kain sutra menawarkan kemewahan, kelembutan dan kenyaman yang membuat batik sutra ini dibandrol cukup mahal, mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Harga batik sutra ini biasanya dipengaruhi oleh kualitas bahan dan motif batik yang tergambar di kain batik sutra.

Kelebihan Dan Kekurangan Batik Sutra

jual kain sutra

Kelebihan Batik Sutra Asli

  • Sebagai kain batik premium, batik sutra jelas memiliki meragam kelebihan yang tidak dimiliki bahan batik lainnya. Nah berikut ini kelebihan batik sutra asli yang perlu Anda ketahui.
  • Batik sutra memiliki kilau yang khas pada permukaan kain yang tidak dimiliki jenis kain lainnya. Kilau pada permukaan batik sutra ini membuat batik ini terlihat sangat mewah dan elegan.
  • Batik sutra memiliki warna yang lebih pekat sehingga motif batik terlihat lebih indah. Warna yang lebih solid ini karena serat sutra memiliki daya serap yang sangat baik dibandingkan bahan batik lainnya
  • Batik sutra asli menawarkan kenyamanan yang ekstra karena mudah menyerap keringat dan sangat lembut Ketika bersentuan dengan kulit. Kenyamanan ini bertambah karena kain sutra memiliki sifat menangkal radiasi sinar ultraviolet.
  • Kain batik sutra bisa dikatakan lebih awet dibanding bahan lainnya karena serat sutra sangat kuat dan tidak mudah putus

Kekurangan Batik Sutra Asli

  • Harga kain batik sutra sangat mahal. Sebagai batik premium tentu saja harga yang ditawarkan juga premium, hal ini karena memang harga kain sutra yang sudah tinggi, proses pengerjaan batik yang rumit kerena biasanya dibuat dengan Teknik batik tulis maupun cap kombinasi tulis, dan motif batik yang rumit dan detail.
  • Memerluan proses perawatan khusus, baik proses pencucian harus manual (dengan tangan) dan detergen yang digunakan harus berbahan alami tanpa zat kimia untuk menjaga keawetan batik sutra.

Nah itu dia kelebihan dan kekurangan dari batik sutra. Sebagai jenis kain batik premium yang menawarkan kemewahan dan sifat eksklusif, batik sutra ini sangat cocok digunakan untuk pembuatan pakaian resmi, busana pesta atau untuk batik pengantin.  

Posting Komentar

0 Komentar