Apa Itu Kain Batik Prada?



MotifBatik.web.id - Batik tidak hanya digemari orang Indonesia saja, sudah sejak lama batik merupakan kain khas Nusantara yang memiliki penggemar di berbagai Negara. Banyaknya penggemar batik menimbulkan inspirasi-inspirasi lain untuk menciptakan batik dengan motif lain, salah satunya yaitu batik Prada.

Arti Batik Prada

Batik Prada bukan berarti batik yang dikeluarkan oleh merk prada. Prada dalam bahasa Jawa artinya adalah emas. Jadi batik prada merupakan batik tulis, batik cap atau kombinasi yang sebagian motifnya diberi sentuhan unik berupa lapisan warna keemasan. Batik Prada telah di modifikasi sedemikian rupa, sehingga mempunyai kesan mewah dan glamor.
Keberadaan batik prada ini mulai terkenal ketika almarhun Iwan Tirta yang merupakan desainer batik ternama menggunakan jenis batik prada untuk membuat gaun-gaun malam yang identik dengan kesan mengkilau. Dari penambahan lapisan keemasan yang diaplikasikan di kain prada menambah kesan mewah dan anggun.
Dahulu sebelum digunakan oleh masyarakat umum, batik prada ini hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan kraton Yogyakarta dan Surakarta. Yang mana motifnya banyak terlihat dalam bentuk daun-daun kecil yang di lukis di atas kain. Bahan yang digunakan untuk menghias kain pun dibuat dari serbuk emas asli, namun sekarang banyak yang menggunakan cat dan motif ragam hiasnya pun sudah beraneka macam. Meski bahan dasar yang digunakan berbeda, tetapi tujuannya sama yaitu membuat kain batik yang lama terlihat seperti baru lagi.
Tidak hanya warna emas saja, saat ini warna-warna yang diaplikasikan sudah semakin beragam. Tidak heran lagi jika banyak dijumpai batik prada dengan warna biru, merah, maupun hijau. Zat pewarna yang biasa digunakan untuk mewarnai kain batik prada biasanya berbentuk bubuk atau pasta.

Penggunaan Batik Prada

Batik Prada sering digunakan sebagai busana pasangan pengantin di pesta pernikahan. Hal ini sebagai tanda status istimewa mereka dalam perhelatan. Namun ada juga yang menggunakan batik prada untuk seragam dan bekerja atau untuk acara formal lainnya.
Dari segi harga, batik prada harganya lebih mahal dibanding dengan batik lainnya karena menggunakan bahan sutera. Selain sutera, batik prada juga sering menggunakan bahan kain santung atau rayon. Kain santung atau rayon iniah memiliki karakteristik kain yang berkilau, jadi sangat cocok digunakan untuk pembuatan batik prada.
Dalam merawat batik prada juga sangat diperhatikan, jika tidak maka akan merusak motif dari batik tersebut. Saat mencuci batik prada ini pun jangan menggunakan detergen, karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa merusak warna batik dan menyebabkan luntur. Pada saat penjemuran juga tidak perlu terkena sinar matahari langsung, cukup di angin-anginkan saja. Ketika proses penyetrikaan, gunakan suhu rendah agar tidak merusak benang-benangnya.
Jika ingin mencari batik untuk digunakan dalam membuat seragam atau sekedar menambah koleksi batik kalian, batik prada ini bisa dijadikan alternatif yang tepat karena batik prada ini sangat unik.


Gambar Batik Prada

kain batik prada
Baju Couple Batik Prada

Gamis Batik Prada

Kemeja Pria Batik Prada


Posting Komentar

0 Komentar