42 Motif Batik Minang dipatenkan


Selama ini Minang selalu indentik dengan kelezatan makananya. Ternyata Minang juga memiliki motif-motif batik yang khas Minangkabau. Herwandi yang merupakan Guru besar bidang Arkeologi Universitas Andalas (Unand) Padang telah menciptakan 42 motif batik khas Minang dan sudah dipatenkan di Kementerian Hukum dan HAM RI.
Penciptaan 42 motif batik khas Minangkabau ini dilakukan untuk menjawab keluhan para pengrajin batik di Minangkabau agar mampu bersaing dan diminati pasar.
Ke 42 motif batik ini diciptakan semua mengandung filosofi adat budaya dan seni khas Minangkabau. Dari 42 motif baru ini tercatat sudah tujuh motif batik khas Minang yang sudah masuk ke produksi masal.
Nah berikut ini 7 motif khas Minangkabau yang sudah diproduksi masal.
Motif Batik Menhir Pucuk Pakis
Motif batik ini terinspirasi dari bentuk dan ornament pada peninggalan arkeologis pada zaman prasejarah Menhir di Kabupaten Limapuluh Kota berbentuk pucuk pakis.
Motif Batik Garundang Mandi
Kemudian motif garundang mandi merupakan kain batik dengan motif kawanan garundang atau kecebong yang hidup berkelompok di sebuah kolam air. Filosofi yang terkandung pada Motif Batik Garundang Mandi ini tentang hubungan masyarakat egaliter yang kompak dan menjaga kebersamaan namun dengan nikmat dan berkecukupan
Motif Batik Kabek Daun Kacang
Motif ini menggambarkan daun kacang yang disusun dan ikat dengan rapi dan indah. Filosofi yang terdapat dari motif kabek daun kacang ini adalah gambaran masyarakat yang sederhana, namun disiplin dan penuh keindahan yang menggambarkan kehidupan di pedesaan Minangkabau.

Motif Batik Ayam Balatiang
Motif Kain batik ini menggambarkan dua ekor ayam yang sedang bertarung. Filosofi yang terkandung pada motif batik ayam balatiang adalah tentang perjuangan kehiduan yang penuh persaingan dimana yang kuat dan pintar akan menang.
Motif Batik Tirai Bungo Paga
Motif ini merupakan motif dedaunan yang yang merepresentasikan bunga berbentuk tirai bergelantungan indah di pagar dan memperindahnya

Motif Batik Ayam Jantan
Sesuai Namanya, yang tergambar pada batik ini adalah ayam jantan atau jago. Ayam ini menggambarkan sebuah pemimpin dalam keluarga
Motif Batik Layang-layang
Layang-layang merupakan salah satu mainan tradisional yang dapat dimainkan siapa saja atau mainan rakyat. Filosofi yang terkandung dalam Motif Batik Layang-layang ini adalah besar apapun badai dalam hidup harus mampu mengelolanya dengan arif.
Motif Batik Sakikek Ikan dalam Aie
motif sakilek ikan dalam aie yang ialah dedaunan yang destilir dengan arti kearifan lokal orang Minangkabau dalam kehidupan
Nah itu dia 7 jenis motif batik khas Minangkabau yang sudah diproduksi masal, semoga dengan munculnya motif-motif baru ini geliat usaha batik di tanah Minang bisa berkembang dan menjadi icon bagi kota Minangkabau.


Posting Komentar

0 Komentar