Kain Bemberg, Kain Seperti Sutra dengan Harga Ekonomis


MotifBatik - Kehadiran benang dan kain bemberg di Indonesia memberi angin segar untuk para pengrajin kain tradisional pengrajin batik, ecoprint, shibori, songket dan tenun. Jika selama ini untuk membuat produk kelas premium mereka menggunakan kain sutra atau benang sutra yang harganya terus naik. Kini telah hadir produk kain yang memiliki tekstur dan kilau seperti kain sutra tetapi harga yang lebih murah, produk ini adalah Bemberg.

Apa itu Bemberg?

 

Bemberg sendiri sebenarnya merupakan merek dagang dari perusahaan asal jepang yang telah berhasil mengembangkan produk benang dan kain yang terbuat dari serat sisa yang menempel pada biji kapas yang selama ini hanya dianggap sampah dalam dunia industry pemintalan benang. Sisa serat pada biji kapas atau yang dikenal sebagai serat cupro inilah yang dimanfaatkan kembali sehingga menghasilkan sebuah serat yang halus dan mengkilap seperti serat sutra.

Kelebihan Kain Bemberg


  • Hand fell atau sentuhan halus dan lembut seperti kain sutra asli
  • Kain bemberg berkilau seperti kain sutra
  • Menyerap kelembapan yang sempurna seperti katun
  • Nyaman dipakai disemua musim
  • Kain mudah diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan
  • Mampu menyerap warna dengan sempurna sehingga ongkos pewarnaan jauh lebih murah dibandingkan rayon dan katun
  • Harga lebih murah dibandingkan kain sutra
  • Kain bemberg ramah lingkungan
Dengan berbagai kelebihan diatas, produk dari bemberg ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti dari sutra yang kini harganya terus melambung tinggi.

Soal kualitas hasil produksi dari kain bemberg ini sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak pelaku industry kain tradisional sudah mulai beralih menggunakan kain ini dan semua puas dengan produk bemberg ini. Untuk industry tenun kini juga sudah mulai beralih menggunakan benang bemberg untuk digunakan sebagai benang pakan. Untuk industry fashion muslim juga telah mulai dijumpai produk dari kain bemberg untuk pembuatan gamis dan jilbab.

Tertarik membuat kain batik, ecoprint, shibori atau produk fashion laiinya dari kain bemberg? 


Posting Komentar

0 Komentar