Selasa, 05 Februari 2019



MotifBatik.web.id – Bagi para pengrajin batik tulis kini tidak perlu lagi risau dan gundah gulana dengan melambungnya harga kain sutra. Kini telah ada kain yang memiliki tekstur dan handfell seperti kain sutra yang cocok digunakan untuk bahan kain batik tulis, kain tersebut adalah kain cupro atau disebut juga kain bemberg.

Apa itu Kain Cupro


Karena jenis kain ini merupakan jenis baru tentu saja banyak pengrajin yang masih belum tau tentang apa dan dari bahan apa kain cupro itu. Kain cupro adalah kain yang terbuat dari serat selulosa regenerasi berasal dari serat-serat pendek yang menempel di biji kapas (Sumber: BahanKain.com: Mengenal Kain Bemberg). Serat-serat pendek yang menempel pada biji kapas diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah serat dengan kualitas bagus dan memiliki berbagai kelebihan dibanding dengan jenis kain lainnya.
Salah satu kelebihan dari kain cupro yang dominan adalah permukaan kain yang berkilau seperti kain sutra namun lembut dan memiliki kemampuan menyerap air yang baik seperti kain katun pada umumnya. 

Kain Cupro digunakan Desainer di Ajang JFW 2018


Pada ajang Jogja Fashion Week 2018 mapir mayoritas desainer menggunakan kain cupro yang disponsori oleh BahanKain.com selaku distributor utama kain bemberg. Berbagai desainer mengolah kain ini dengan teknik-teknik yang berdeda dan hasilnya semua sangat puas dengan kain ini.
Salah satu desainer yang menggunakan kain cupro adalah Amin Hendra Wijaya. Beliau mengolah kain cupro SC 54 dengan teknik batik tulis pewarna alami, hasilnya penyerapan warna yang sempurna dibanding dengan kain sutra.  

Tidak hanya untuk batik, kain ini juga tengah populer digunakan untuk ecoprint. Dalam pembuatan motif kain dengan teknik ecoprint kualitas bahan baku sangat penting agar penyerapan pikmen warna alami dari dedaunan dan bunga bisa menyerap sempurna di kain. Hasilnya kain cupro mampu menghasilkan motif yang sempurna dan tidak kalah dengan kain sutera yang sudah lama dikenal sebagai bahan ecoprint.
Bagi teman-teman pengrajin batik, ecoprint dan shibori mungkin masih kesulitan mendapatkan kain dari serat cupro ini. Produk kain cupro bisa didapatkan di www.BahanKain.com mereka merupakan distributor utama kain bemberg dengan lisensi dari Asahi Kasei Corp Japan.

Kain Bemberg / kain cupro dengan kelebihan dan kelembutan seperti kain sutera namun harga yang jauh lebih murah bisa menjadi pilihan cerdas bahan kain untuk batik.


EmoticonEmoticon