Jumat, 26 Oktober 2018



MotifBatik.web.id - Indonesia ujung timur ternyata memiliki pesona motif batik yang tak kalah indah dengan batik di jawa. Papua mempunyai batik dengan corak motifnya yang khas dan banyak disukai pecinta batik lokal maupun mancanegara. Batik Papua mempunyai perbedaan corak yang cukup mencolok. Batik dari Papua cenderung menggunakan warna yang lebih gelap tetapi mempunyai banyak motif yang terdiri dari motif patung.

Salah satu motif Batik Papua yang paling terkenal adalah batik motif Asmat. Warnanya cokelat dengan gabungan warna tanah dan terakota. Pemilihan motif pada batik Papua banyak memakai simbol-simbol keramat dan ukiran khas Papua. Selain symbol-simbol tersebut motif batik papua juga kerap mengusung motif hewan seperti buaya dan cendrawasih. Untuk bahan kain yang digunakan cukup beragam disesuaikan dengan permintaan pasar.

Ciri Khas Batik Papua

Batik Papua yang bisa di temukan di pasaran, contohnya motif Komoro, motif Burung Cenderawasih, motif Sentani, dan lainnya. Ada juga motif yang dikembangkan dengan sentuhan garis-garis emas dan di juluki dengan batik Prada.

Motif yang unik dan berbeda dengan lainnya, batik Papua membuatnya saat ini banyak menjadi sorotan pencinta batik lokal hingga international. Salah satu keistimewaan motif dari Batik papua tidak hanya melambangkan kebudayaan masyarakat Papua saja, tetapi juga sebagai cerita lambang sejarah dan arkeolog di dalamnya.

Berikut ini beberapa contoh motif batik dari papua yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Gambar motif batik papua

Batik Papua Motif Komoro

Batik Asmat


motif batik papua cenderawasi


EmoticonEmoticon