Mengenal Budaya Batik Dari Masa Ke Masa


MotifBatik.web.id - Batik merupakan kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan sudah menjadi bagian dari budaya Bangsa Indonesia (khususnya Jawa) sejak dahulu kala. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keahlian mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian. Sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik tulis merupakan pekerjaan eksklusif perempuan.
Semakin berkembangnya teknik membatik dengan menggunakan teknik “Batik Cap” idustri batik tidak hanya didominasi perempuan saja, laki-laki mulai masuk ke dalam bidang ini.
Ada sejumlah pengecualian untuk fenomena ini, ialah batik pesisir yang mempunyai garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di sejumlah daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim untuk kaum lelaki. 
Budaya membatik pada awalnya adalah tradisi yang turun temurun, sampai kadang kala suatu motif bisa dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Sejumlah motif batik bisa menunjukkan status seseorang. Apalagi hingga saat ini, sejumlah motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.
Batik adalah warisan nenek moyang Indonesia (Jawa) yang hingga saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada saat itu mengenakan batik pada Konferensi PBB.

Posting Komentar

0 Komentar